Senin, 13 November 2017

12 Situs Lowongan Kerja Online Memudahkan Mendapatkan Kerja

Situs Lowongan Kerja Online Terbaik 
Cari Kerja Online – Saya ingat betul nasihat orang tua “belajar yang bener ya nak biar nanti bisa cari kerja yang gampang”.

Kata-kata itu masih teringat betul dibenak dan pikiran saya, tapi apakah betul kalau sekolah yang rajin pasti mendapatkan pekerjaan?


Kita belajar dari SD-SMA saja sudah 12 tahun, belum yang menempuh pendidikan dari playgroup ditambah lagi kuliah yang minimal 4 Tahun untuk standard S1, belum S2, atau program diploma paling cepat 1 tahun untuk D1, dan 4 tahun untuk D4.

Yang jadi pertanyaan, apakah pendidikan itu membantu kita dalam mencari pekerjaan?


Perbedaan Skill Untuk Pencari Kerja (gambar : pewresearch.org)

Lihat gambar grafik diatas, dalam grafik data tersebut disebutkan ada 3 tipe yaitu :
Yang lulus kuliah / pendidikan lebih tingga (S2, S3, dll)
Kuliah tapi tidak lulus
Setingkat SMA/Diploma

Dalam grafik itu jelas terlihat memang dari segi skill yang diperlukan seperti komunikasi, membaca (memahami job desc), logika, perhitungan, sampai ke atletik secara keseluruhan orang yang lulus kuliah memang lebih baik.

Saya setuju dengan grafik diatas, memang sangat berbeda orang yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi dengan yang tidak.

Nah apa saja situs untuk mencari pekerjaan itu? Berikut ini ada setidaknya 12 situs untuk mecari pekerjaan :


Jobstreet adalah salah satu situs pencari kerja terbaik

Jobstreet adalah situs pencari kerja yang menjadi rujukan pertama bagi para pelamar kerja, bukan hanya di Indonesia tapi di Asia. Karena memang situs ini sudah membuka cabang di berbagai negara seperti Malaysia, Filipina, SIngapura, Vietnam dan Indonesia tentunya.

Jobstreet sendiri sudah beroperasi sejak tahun 1997 di Malaysia, hingga saat ini tercatat ada sekitar 800 tim profesional yang mengembangkan situs ini jadi untuk kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Karena jobstreet beroperasi di berbagai negara, otomatis dukungan / support untuk tiap negara juga menjadi lebih baik, karena ada tim khusus yang menangani tiap negara.

2. Loker


loker.web.id situs simple untuk mencari kerja

Situs loker.web.id sendiri adalah salah satu situs “tertua” di Indonesia untuk mencari kerja, berdiri sejak tanggal 20 Maret 2007 oleh CV.Jemari yang fokus di bidang Teknologi Informasi.

Tentu saja setiap lowongan yang berhasil lolos dan ditayangkan oleh loker sudah diterima dan diperiksa “kebenarannya” oleh tim redaksi secara manual (human being). Hal ini untuk meyakinkan bahwa lowongan tersebut benar adanya sehingga akan meningkatkan kepercayaan pengguna.

3. Jora

Jora adalah situs untuk mencari kerja yang terhubung di banyak situs seperti jobstreet, jobsdb

Saya mengenal situs jora ini belum lama setelah membaca ulasan di techinasia indonesia.

Jora adalah situs pencari kerja yang bisa menampilkan berbagai info lowongan kerja dari banyak situs penyedia kerja.

Misalkan begini, kita tahu ada banyak situs pencari kerja misalkan tadi jobsd dan jobstreet. Nah, dengan jora kita bisa mencari pekerjaan dari kedua situs tersebut.

Bisa dikatakan jora adalah mesin pencari khusus untuk pekerjaan. Jadi, kita tak perlu repot-repot membuka banyak situs untuk mencari pekerjaan. Cukup buka jora, dan search pekerjaan yang ingin dicari. Maka lowongan dari berbagai situs pencari kerjapun akan muncul disitu.

Sunnguh, sangat praktis dan simple bukan?


Kompas Karir situs pencari kerja dari Kompas

Kompas karier adalah situs pencari kerja yang di buat oleh perusahaan terkenal yaitu Kompas.

Kompas sendiri seperti yang kita tahu adalah salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia. Jadi, dari segi kualitas kompas karier tak perlu diragukan lagi.

Kompas karier sendiri berdiri sejak tahun 2010, sehingga sudah banyak database-database pekerjaan yang ada di kompas karier.


Jobs CDC lain daripada yang lain, konsepnya lebih ke portal berita tentang lowongan kerja

Berbeda dari situs-situs sebelumnya, jobscdc ini lebih seperti blog. Karena dari segi tampilan dan penyajian kontennya memang lebih menjurus ke portal web berita.

Salah satu keunggulan di situs ini adalah kateogir khusus untuk CPNS, yang mana di Indonesia sendiri profesio menjadi PNS masih dibilang tinggi peminatnya.


Mesin Pencari untuk Pencari Kerja

Jobfinder sendiri konsepnya hampir sama dengan jora, tapi databasenya sepertinya dari jobfinder sendiri.

Dari tampilan depannya kita bisa memilih kategori berdasar jenis pekerjaan, daerahnya hingga nama perusahaan-perusahaan.

Jobfinder sendiri berpusat di Jerman, tapi dilihat dari halaman depannya memang sepertinya menargetkan pasar Indonesia. Belum diketahui pasti mengapa jobfinder mengincar pasar Indonesia.


Dari segi tampilannya, karir.com cukup profesional. Tampilannya simple, dan sangat memudahkan bagi para pencari kerja. Karir ini digarap secara serius dan profesional, dilihat dari kerjasamanya dengan Bank Panin, BNP, dll.



Job Like, tampilan simple untuk mencari kerja

Tidak banyak informasi tentang web ini, tapi dilihat dari tampilannya situs ini sepertinya asli buatan Indonesia.

Dilihat dari penggunaan bahasa, tagline serta menu lokasi yang detail mencakup 33 provinsi. hal ini memperjelas bahwa ini memang buatan lokal. Situs ini sendiri mengklaim telah memiliki lebih dari 60.000 database lowongan pekerjaan.

9. OLX (aka Tokobagus)

OLX, salah satu situs jual beli terbesar di Indonesia

Siapa yang tidak tahu dengan OLX? Dulu namanya adalah tokobagus, dengan tagline terkenal “Klik, ketemuan, deal”.

Situs ini adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia, konsepnya seperti bukalapak dan tokopedia. Tapi, OLX tidak menyediakan fasilitas pembayaran. Jadi, hanya menghubungkan antara penjual dan pembeli saja.

Untuk proses transaksi itu sudah menjadi urusan penjual dan pembeli. Tidak seperti tokopedia dan bukalapak, yang notabene mereka menjadi semacam “rekber” yang menjembatani antara penjual dan pembeli.



Job Planet, “Sosial Media” untuk saling sharing pengalaman kerja

Jobplanet, bisa saya katakan ini sebagai sosial media. Jadi, dalam jobplanet ini semua yang ingin gabung wajib mencantumkan pengalaman kerjanya di sebuah perusahaan.

Jadi, kita saling berbagi informasi tentang perusahaan yang pernah kita tempati. Mulai dari jumlah besaran gaji, ekosistem kerja, hingga tes apa saja yang dilakukan untuk masuk ke perusahaan tersebut.

11. Jobs.ID

Jobs.ID, situs terbaru untuk mencari kerja

Jobs.ID merupakan portal online untuk mencari kerja serta opsi karir dari berbagai bidang pekerjaan misalkan finansial, IT serta perbangkan.

Selain itu, jobs.id juga bisa sebagai tempat untuk melamar pekerjaan. Jadi, kita bisa mengirim surat lamaran serta CV kita ke perusahaan terkait lewat JOBS.ID.



Jogja Karir, portal lowongan kerja di Jogja dan sekitarnya

Terakhir adalah jogjakarir. Jogjakarir sendiri salah satu blog yang terkenal untuk mencari pekerjaan terutama bagi orang jogja.

Meskipun tampilannya sangat simple, tapi informasi lowongan pekerjaannya cukup banyak dan lengkap. Selain itu bagi para perusahaan yang ingin menampilkan lowongannya, harganyapun murah dan ditampilkan selamanya.
Lantas, Bagaimana cara mencari pekerjaan secara online dengan benar?

Tadi kita sudah membahas panjang lebar mengenai latar belakang pendidikan yak. Seberapa penting kuliah sudah kita bahas, dan beberapa skill yang perlu agar kita dapat diterima kerja. Jelasnya kita akan bahas dibawah.

Yang jadi pertanyaan kemudian adalah, bagaimana caranya kita mencari kerja online?

Bagi para fresh graduate (sebutan yang baru lulus), tentu mencari pekerjaan adalah hal yang tidak mudah. Ada ribuan orang lulus dan ingin mendapatkan posisi kerja yang sama.

Berikut ini saya jabarkan 5 tips dapat pekerjaan dengan cepat, yang sebagian saya kutip dari liputan6.com :

1. Tetap Semangat, Optimis, dan Jangan Frustasi

Nah, tetap yang pertama adalah kita harus semangat dan optimis! Dengan semangat dan sikap optimis yang tinggi maka secara tidak sadar kita memberi sugesti positif terhadap diri kita sendiri.

Sikap positif inilah yang akan mempengaruhi lingkungan sekitar kita. Pernah dengar istilah “mestakung” ? Ya, istilah yang dipopulerkan oleh bapak Johanes Surya ini sangat cocok untuk ini.

Mestakung atau semesta mendukung, gampangnya “the power of kepepet”. Dengan sikap semangat dan optimis maka entah mengapa seakan-akan semua yang ada disekitar kita sangat mendukung untuk kita maju. Ada saja jalan yang Tuhan berikan untuk mempermudah urusan kita.

Tidak percaya? Coba saja, mulai sekarang hilangkan pikiran negatif, pesimis, dan selalu mudah menyerah!

2. Fokus pada Target yang Ingin Dicapai

Fokus! Ya fokus itu sangat penting! Kita tidak bisa menengok ke kanan sambil menengok ke kiri.

Jadi, tetapkan tujuan yang ingin dicapai dan fokus untuk mencapainya. Dalam konteks ini kita harus berkomunikasi dengan diri sendiri tentang pekerjaan apa yang sekiranya cocok dengan kita.

Cocok disini kalau bisa cocok segala hal, mulai dari suasana kerja, lokasi, dan tentunya besaran gaji yang akan diterima. Fokuslah 1 saja, bukan berarti tidak boleh lebih dari 1. Tapi, jika terlalu banyak target malah jadi tidak fokus!

3. Buat Planning (Rencana)

Membuat rencana ini sangat penting, bagi orang yang sedang mencari kerja baik yang baru dipecat atau rencana mau resign. Jika ingin sukses maka buatlah rencana.

Dalam konteks ini, buatlah rencana bagaimana supaya bisa diterima kerja ditempat yang kita inginkan? Siapkan segalanya mulai dari CV, resume, Cover Letter, hingga belajar kira-kira pertanyaan wawancara apa yang akan diberikan oleh perusahaan.

Dan tentunya, sebelum memasukkan surat lamaran kerja pastikan kita sudah meriset dulu perusahaan yang akan kita apply.

4. Bangunlah Kredibilitas (Image Positif)

Saat wawancara sangat penting untuk menjaga image kita. Saat wawancara jangan sampai kita terlihat ragu dan lemah, tapi juga jangan sampai kita terlihat sombong dan angkuh.

Ceritakan hal-hal positif yang ingin perusahaan dengar. Misal, jika kamu menganggur selama 2 tahun, untuk apa waktu nganggur itu kamu habiskan? Apakah kamu melakukan hal-hal yang positif? Kalau iya ceritakan itu! Itu bisa menjadi hal positif untuk kamu.

5. Bangun Relasi (Networking)

Relasi ini sangatlah penting. Saya sendiri mendapatkan pekerjaan pertama saya karena relasi. Tanpa melamar, tapi karena relasi saya cukup kuat maka pencari bakat perusahaan datang sendiri ke saya.

Bangunlah relasi positif, jangan pernah menyakiti perasaan orang lain. Misal, jika Anda sering mendapatkan kerjaan sampingan atau freelancerya kerjakan dengan maksimal.

Jika kita asal-asal buatnya maka bisa dipastikan mata rantai relasi kita akan terputus disana. Dan hasilnya apa? Kita akan sangat sulit untuk mencari pekerjaan di masa depan.
Bagaimana Cara Agar Lamaran Kita Diterima?

Kalau tadi kita membahas secara personality, karena menurut saya personality ini cukup penting agar kita bisa survive di dunia kerja.

Nah, sekarang kita akan masuk ke ranah teknis. Yang jadi pertanyaan, bagaimana agar lamaran kita itu cepat diterima oleh perusahaan?
sumber :http://rocketmanajemen.com/kerja-online/
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

3 komentar

Silahkan Berikan Komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Berbagai cara-cara ada disini
Website Tausemuacara Created by Ripano
Posts RSS Comments RSS
Back to top